Kamis, 21 April 2016

KPL 1,5 bulan ini

1,5 bulan yang lalu, di hari Senin 29 Februari 2016, aku memulai pengalaman baru yang tak terlupakan sepanjang hidup. iya, selama 1,5 bulan ini aku mengikuti KPL atau kalau dulu disebut PPL, sekarang namanya KPL (kajian dan praktik lapangan). selam 1,5 bulan banyaak banget pengalaman yang aku dapat, mulai dari sistem sekolahnya, riwehnya bikin RPP sampe kelakuan siswa-siswanya yang lucu-lucu ngegemesin.

Senin itu, ceritanya ada acara penyambutan mahasiswa KPL gelombang 2 dan perpisahan KPL gelombang 1.  Gelombang 1 ada 11 anak, gelombang 2 ada 6 anak, 3 dari kimia, 3 dari fisika. Setelah acara itu selesai, barulah kita anak KPL gelombang 2 memulai kehidupan baru (ceilaaah apasih) di sekolah itu. Hari Senin itu, langsung kita bertiga (dr kimia) diminta untuk mengajar kelas XI. Pertama kali, kita masuk ke kelas XI IPA 1. Begitu masuk jebret, kita dikagetkan dengan suasana anak yang rameee bgt, anaknya rame dan aktif. Seneng deh pokoknya. Selesai mengajar di kelas ini, lanjut ke XI IPA 4. Kelas ini memang anaknya dieeem gitu, anteng semua. Keesokan harinya, kita masuk ke kelas XI IPA 5 dan di kelas ini, aku yang ngajar. Pertama kali masuk, ada anak yang bilang gini:
"Bu, Guru PPl, ya.."
"Iya, Ibu akan menemani kalian belajar selama 6 minggu ini"
"Yeeeeeeeeeeeeeee"

Itu kelas, seneeeeeng banget diajar guru KPL. Masuk di kelas XI IPA 5 ini, kelasnya super duper rame, kompak, aktif (aktif beretanya, jawab pertanyaan) seneng deh pokoknya masuk kelas ini. Anak"nya juga sangat menghargai pengajarnya (aku maksudnya). hehehe. Tiap kali masuk kelas ini deg-deg an pasti ada, tapi akhirnya seneng pas keluar kelas. Siswa-siswi di kelas ini mudah untuk menerima pelajaran, tapi mereka emang gabisa diem, aktif semua siswanya. Mungkin gaya belajarnya kinestetik ya. hhehehe. Setelah, 1,5 bulan berlalu, akhirnya kita harus berpisah. Kangen itu pasti, tapi sesekali bakal jenguk mereka lagi kok.
Terima kasih yaa, untuk pengalaman 1,5 bulan ini, terima kasih sudah mau menjadi murid-muridku dengan segala macam kelucuan kalian, terima kasih sudah menerima Ibu menjadi guru kalian selama 1,5 bulan ini. Semoga sama-sama sukses ya di ke depannya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar